Tutorial Php:Penulisan Struktur Dasar Php


Struktur Php



Assalamu'alaikum Wr.wb
Selamat Pagi


Pada kesempatan kali ini hendi akan menjelasakan bagaimana penulisan struktur php, penulisan php dimulai dengan tag <?php dan diakhiri dengan tag penutup yaitu ?>. Php merupakan bahasa pemrograman yang bersifat server side, artinya php diproses di komputer server. Php tidak bisa langsung dijalankan di browser seperti bahasa HTML. Sebagai contohnya kita akan menjalankan script php menggunakan xampp.

Apa itu xampp??

Xampp merupakan software/aplikasi web server yang di dalamnya terdapat Apacehe,MySQL dan disupport dengan bahasa pemrograman php untuk membuat sebuah website dinamis. Xampp mendukung beberapa operating system / sistem operasi yaitu windows dan linux. Penginstalan xampp pada windows sama seperti install software lain kita tinggal mengikuti petunjuk yes, next dan seterusnya, akan tetapi berbeda ketika menginstall xampp di linux yaitu dengan menggunakan cmd (command prompt).

Beikut ini adalah penulisan stuktur php:

Script Struktur  Php

<?php ... ?>

Sebagai contohnya
<?php ini adalah script php ?>

Sebelum kita menjalankan script/kode di atas kiat harus menyimpannya kedalam folder htdoc pada saat kita menggunakan, sebagai contoh saya akan menyimpannya kedalam folder latihan.

Struktur Php

 Gambar 1.1

 Gambar 1.2

Jika Script diatas dijalankan maka hasilnya seperti pada gambar di bawah ini:

Gambar 1.2



Sekian artikel singkat mengenai penulisan Struktur PHP
kurang lebihnya hendi priyo mohon maaf

Wassalamu'alaikum Wr.wb









Cetak dan Simpan Artikel

Print Friendly and PDF

Share this

Related Posts

First

komentar yang anda yang membangun kami butuhkan